• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KARANGREJO 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    66_1-s.pdf (671.3Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    M.WAZIR AL-JIHAD
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran IPS Pada Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajahan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011; M.Wazir Al-Jihad, 070210204049: 2011: 56 Halaman; Jurusan Ilmu Pendididkan Guru Sekolah Dasar (S1 PGSD Ikatan Dinas Berasrama), Universitas Jember. Menurunnya aktivitas dan hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Salah satu tugas pendidik adalah menciptakan suasana pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan bersemangat. Pemilihan metode bermain peran sebagai metode pendidikan dan pembelajaran IPS dapat mengkondisikan siswa untuk belajar aktif karena siswa dapat menghayati langsung materi pelajaran yang dipresentasikan oleh guru. Dengan metode bermain peran akan mengurangi rasa bosan siswa dan membantu siswa untuk mengembangkan kreativitasnya sehingga proses belajar siswa akan lebih mudah dan menarik.. Penelitian ini diadakan di SDN Karangrejo 01 Jember, metode penetuan lokasi penelitian dengan puposive sampling area. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan metode populatif yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa dengan jenis kelamin laki-laki 21 orang dan perempuan 22 orang dan guru kelas V. Penelitian ini menggunakan desain yaitu penelitian tindakan kelas (PTK ) model skema Kemmis dan McTaggart dengan tahap penelitian meliputi perencanaan (planing), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. . Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. viii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II. Perentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 55,82% dan siklus II sebesar 77,36%. Selisih antara siklus I dan siklus II sebesar 21,54%. Hasil belajar IPS siswa mencapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I 51,17% siklus II sebesar 79,07%. Selisih ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II sebesar 27,09%. Kesimpulan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 dengan penggunaan metode bermain peran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Jember semester genap Tahun pelajaran 2010/2011 dengan penggunaan metode bermain peran pada pokok bahsan perjuangan melawan penjajahan mencapai ketuntasan KKM ≥ 65. Saran dari penelitian ini adalah Pembelajaran metode bermain peran dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS, bagi peneliti lain hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi pelajaran dan aktif selama pembelajaran dan pembelajaran IPS dengan menerapkan metode bermain peran hendaknya tidak selalu dilaksanakan di dalam kelas saja tetapi juga bisa di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sebagai metode dalam pembelajaran untuk lebih dapat menciptakan inovasi bagi pembelajaran IPS. Karena inovasi dan kreatifitas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18489
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository