PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh
variabel kecerdasan emosional yang terdiri dari pengenalan diri, pengendalian diri,
motivasi, empati dan ketrampilan sosial melalui uji regresi linear berganda terhadap
tingkat pemahaman akuntansi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui apakah dengan adanya variabel kepercayaan diri sebagai variabel
pemoderasi yang mempengaruhi kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman
akuntansi juga dapat terbukti secara empiris melalui analisis regresi moderasi
dengan menggunakan uji selisih mutlak. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden,
yaitu mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2007.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat dinyatakan bahwa variabel
kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan positif terhadap tingkat
pemahaman akuntansi. Selain itu, pengujian yang berkaitan dengan variabel
kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi, variabel kecerdasan emosional yang
berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi adalah
variabel pengenalan diri, sedangkan, pengendalian diri, motivasi, empati dan
ketrampilan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman
akuntansi.