dc.description.abstract | Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar
bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya.
Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara
aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal
serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang
terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang
dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya
guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula
melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar.
Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimanakah aktifitas siswa dalam
proses pembelajaran Pecahan melalui pembelajaran kooperatif dengan alat peraga
?
(b) Bagaimanakah hasil belajar Pecahan siswa kelas IV SDN Pejarakan 01
melalui pembelajaran kooperatif dengan alat peraga?
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif. (b)
Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa
kelas IV SDN Pejarakan 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar
observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (52%), siklus II (92%),
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif
dengan alat peraga dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa
kelas IV SDN Pejarakan 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika | en_US |