Show simple item record

dc.contributor.authorNADI EKO CAHYONO
dc.date.accessioned2014-01-20T06:38:48Z
dc.date.available2014-01-20T06:38:48Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210274023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18466
dc.description.abstractAgar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar. Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimanakah aktifitas siswa dalam proses pembelajaran Pecahan melalui pembelajaran kooperatif dengan alat peraga ? (b) Bagaimanakah hasil belajar Pecahan siswa kelas IV SDN Pejarakan 01 melalui pembelajaran kooperatif dengan alat peraga? Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pejarakan 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (52%), siklus II (92%), Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dengan alat peraga dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas IV SDN Pejarakan 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematikaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries.070210274023;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF Den_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN PEJARAKAN 01en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record