PROSEDUR ADMINISTRASI KREDIT USAHA RAKYAT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. UNIT GAJAH MADA CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama melaksanakan praktek kerja
nyata (PKN) serta data yang dikumpulkan mengenai prosedur administrasi kredit
usaha rakyat pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Gajah Mada
Cabang Jember maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
a. Pelaksanaan Administrasi Kredit Usaha Rakyat pada PT. Bank Rakyat
Indonesia (persero) Tbk, Unit Gajah Mada Cabang Jember cara
pengelolahannya sangat baik mulai dari proses pendaftaran sampai pencairan.
b. Pelaksanaan Administrasi Kredit Usaha Rakyat pada PT. Bank Rakyat
Indonesia Unit Gajah Mada Cabang Jember telah tersusun sesuai dengan
yang ditetapkan dalam arti peraturan perundang-undang perbankan yang
berlaku.
c. Bagin-bagian yang terkait dalam Prosedur Pembayaran KUR
1) Kepala unit
2) Deskman dan mantri
3) Lain-lain
d. Dokumem-dokumem yang diperlukan.
1) Formulir slip penarikan dan pembayaran
2) SPH (Surat Pengakuan Hutang)
3) Kwitansi Pinjaman
e. Prosedur Administrasi KUR meliputi:
1) Pelaksanaan administrasi pendaftaran permohonan kredit
2) Pelaksanaan administrasi pemeriksaan calon nasabah dan usulan putusan
kredit
3) Administrasi pemberian putusan pinjaman kredit
4) Admnistrasi pencairan pinjaman kredit
5) Administrasi pembayaran angsuran kredit
6) Administrasi pelunasan kredit.
f. Syarat- syarat permohonan kredit usaha rakyat (KUR)
1) Fotocopy KTP Suami dan Istri masing- masing 1 lembar
1) Fotocopy Kartu Keluarga
2) Fotocopy surat nikah 1 lembar
3) Surat Keterangan Usaha dari desa, jika terletak dipasar maka
dilampirkan juga surat perijinan dari dinas pasar
4) Legalitas tempat usaha bila ada
5) Rincian peruntukan kredit
6) Agunan
Collections
- DP-Financial Management [400]