dc.description.abstract | Hasil observasi awal di kelas VII E SMP Negeri 3 Silo, ditemukan rendahnya ketuntasan hasil belajar fisika siswa.
Berdasarkan hasil ulangan dari 33 siswa hanya 15% siswa yang mendapat nilai di atas 70; 45,5% siswa yang mendapat nilai 50
- 70 dan 39,4% siswa yang mendapat nilai dibawah 50.
Selain rendahnya ketuntasan hasil belajar fisika ternyata sikap ilmiah siswa dikategorikan kurang sekali.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran menggunakan pendekatan Accelerated Learning
melalui metode eksperimen supaya terjadi peningkatan
sikap ilmiah dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa
kelas VII E SMP Negeri 3 Silo tahun ajaran 2012/2013.
Pendekatan Accelerated Learning melalui metode eksperimen merupakan pendekatan yang implementasinya melalui metode eksperimen sehingga belajar lebih cepat
(pemahaman materi dan tahan lama) serta menyenangkan.
Adapun tahap - tahap pembelajaran menggunakan pendekatan
Accelerated Learning melalui metode eksperimen yaitu sebagai berikut: memotivasi pikiran, memperoleh informasi,
menyelidiki makna melalui metode eksperimen, memicu memori, memamerkan apa yang anda ketahui dan merefleksi bagaimana anda belajar. Melalui 6 (enam) tahap tersebut, maka
pembelajaran fisika yang dilaksanakan akan sesuai dengan
hakikat pembelajaran fisika yaitu dengan adanya produk, proses dan sikap | en_US |