• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIIIE SEMESTER II SMPN 1 SILIRAGUNG TAHUN AJARAN 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    100_1-s.pdf (634.7Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    NANANG DWI HARIYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIIIE Semester II SMPN 1 Siliragung Tahun Ajaran 2008/2009;Nanang Dwi Hariyanto; 040210101127; 2010; 53 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Pembelajaran berbasis proyek adalah pendekatan yang memperkenankan siswa untuk bekerja secara mandiri maupun kelompok dalam mengkonstruksi (membentuk) pembelajarannya, dan mengkulminasikannya dalam produk nyata. Siswa diberikan tugas yang kompleks, lengkap, tetapi realistik/autentik dan kemudian diberikan bantuan secukupnya agar mereka dapat menyelesaikan tugas mereka (bukan diajar sedikit demi sedikit komponen-komponen suatu tugas kompleks yang pada suatu hari diharapkan akan terwujud menjadi suatu kemampuan untuk menyelesaikan tugas kompleks tersebut). Prinsip ini digunakan untuk menunjang pemberian tugas kompleks di kelas seperti proyek, simulasi, penyelidikan masyarakat, menulis untuk disajikan kepada forum pendengar yang sesungguhnya, dan tugas-tugas autentik lainnya. Istilah situated learning digunakan untuk menggambarkan pembelajaran yang terjadi di dalam kehidupan nyata, tugas-tugas otentik/asli atau yang sebenarnya Pengambilan data dimulai pada hari Rabu tanggal 28 Mei 2009 di SMPN 1 Siliragung Banyuwangi dengan subyek penelitian siswa kelas VIII E tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes. Fase-fase Pembelajaran berbasis Proyek dapat terlaksana dengan baik. Selama pembelajaran berlangsung siswa berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar, seperti bertanya dalam diskusi, menjawab pertanyaan guru, menjawab pertanyaan siswa lain selama diskusi, dan bekerja kelompok. Pada waktu investigasi terhadap proyek, siswa sangat antusias dan bersemangat dalam pembelajaran ini . Siswa saling bahu-membahu dan berkolaborasi dalam bertukar pikiran. Mereka saling memotivasi sesama temannya untuk selalu berpatisipasi dalam proyek ini. Pada dasarnya penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek mendapat respon positif dari siswa. Hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran (dapat diketahui dari aktivitas siswa selama pembelajaran). Persentase aktivitas siswa cenderung meningkat dari pembelajaran pertama ke pembelajaran yang kedua. Aktivitas tentang cara siswa mengikuti pembelajaran pada pembelajaran I 89,58% dan pada pembelajaran II 89,58%. Pada aktivitas Kedisiplinan, pada pembelajaran I 93,06% dan pada pembelajaran II 88,89% Pada aktivitas bekerja kelompok merupakan aktifitas yang paling dominan pada pembelajaran pertama yaitu 85,42% sedangkan pada pembelajaran II 89,58%. Pada aktivitas keseriusan lebih dominan dari pada aktivitas yang lain pada pembelajaran II yaitu 90,28%, sedangkan pada pembalajaran I 86,11%. Tes dilaksanakan setelah pembelajaran II dan pembelajaran IV. Berdasarkan hasil analisis tes akhir (postest) diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal pada post tes 1 sebesar 75,11% (36 dari 13 siswa memperoleh skor 75 ≥ dari skor maksimal 100) dan post tes kedua diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 94,44% Program studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18379
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository