ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PRODUK EDAMAME BERBASIS BAURAN PEMASARAN (Studi Pada PT Mitratani Dua Tujuh Jember)
Abstract
Edamame merupakan produk unggulan Jember dimana Jember merupakan satu satunya produsen edamame di Indonesia. PT Mitratani Dua Tujuh Jember sebagai perusahaan pemula yang memasarkan produknya di wilayah domestik harus jeli dalam melihat peluang pemasaran, sehingga perlu melakukan bauran pemasaran agar mendapat tempat dihati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kemampuan variabel bauran pemasaran sebagai prediktor keputusan pembelian ulang produk edamame pada PT Mitratani Dua Tujuh Jember. Penelitian ini dilakukan dengan memilih responden yang telah melakukan pembelian produk edamame di outlet edamame PT Mitratani Dua Tujuh Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner pada 80 responden penelitian yang ditentukan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling artinya tekhnik pengambilan sampel secara sengaja oleh peneliti yang didasarkan atas kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik untuk memprediksi variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, orang, layanan dan fasilitas fisik tidak berpengaruh signifikan atau tidak dapat dijadikan prediktor keputusan pembelian ulang.