• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Metode Learning Start With a Question di Kelas IX a Mts Satu Atap Balung

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (57)xa_1.pdf (432.2Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Kharisti Susanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa khususnya dibidang studi fisika dalam hal ini guru dituntut untuk meningkatkan keahliannya dalam melaksanakan tugas membantu siswa belajar berdasarkan hasil observasi dan pemaparan dari guru mata pelajaran, pada kelas IX A memiliki aktivitas dan ketuntasan hasil belajar yang rendah hal ini dapat dilihat dari 29 siswa hanya 68,96% siswa yang menyimak materi yang disampaikan oleh guru. Siswa yang benar-benar mencatat materi yang dijelaskan oleh guru hanya sekitar 49,42 % atau sekitar sampai 13 siswa. Begitu pula saat guru bertanya hanya sekitar 10,05% atau 4 orang yang menjawab atau menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode learning strat with a question. Untuk mengetahui Apakah model kooperatif dengan metode learning start with a question dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar dari siswa maka perlu diadakan sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan meenggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode lerning Start with a question di Mts satu atap Balung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas IX A Mts Satu Atap Balung tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 25 Agustus 2011 sampai dengan 8 oktober 2011. Metode vii pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 telah mengalami peningkatan yaitu besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 75,03% dan berada pada kategori aktif. Sedangkan pada siklus 2 aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 81,83% dan berada dalam kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah sebesar 27,58%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 65,51% dan pada siklus 2 sebesar 86,20%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah: Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika meningkat setelah menggunakan model cooperativ dengan metode learning start with Aquestion pada pokok bahsan Listrik dinamis kelas IX A Mts Satu Atap Balung Tahun Ajaran 2011/2012 dari 47,58% kategori rendah (pra siklus) meningkat 27,45 % pada siklus 1 yaitu 75,03% dan dari kategori kurang aktiv kemudian meningkat 6,80% pada siklus 2 yaitu 81,83 % sangat aktif Ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika meningkat setelah menggunakan model kooperatif dengan metode learning start with Aquestion pada pokok bahasan Listrik dinamis Tahun Ajaran 2011/2012 dari 27,58% kategori rendah (pra siklus) meningkat 37,93% pada siklus 1 yaitu 65,51% kategori sedang kemudian meningkat 20,69% pada siklus 2 yaitu 86,20 % tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18362
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2318]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository