PELAKSANAAN ADMINISTRASI ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR PADA PT. ASURANSI WAHANA TATA CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil dari Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada PT.
Asuransi Wahana Tata Cabang Jember, mengenai pelaksanaan Administrasi
Asuransi Kendaraan Bermotor maka dapat ditarik kesimpulan yaitu ;
a. Pelaksanaan Administrasi Asuransi Kendaraan Bermotor pada PT. Asuransi
Wahana Tata Cabang Jember cara pengelolahannya sangat baik mulai dari
proses pendaftaran sampai pencairan klaim.
b. Pelaksanaan Administrasi Asuransi kendaraan Bermotor pada PT. Asuransi
Wahana Tata Cabang Jember telah tersusun sesuai dengan yang ditetapkan
dalam arti peraturan perundang-undang lembaga asuransi yang berlaku.
c. Bagin-bagian yang terkait dalam Prosedur Pembayaran Premi Asuransi
Kendaraan Bermotor
1) Accounting dan Chasier
2) Sales Coorporate
3) Underwriting Administrator
4) Lain-lain
d. Dokumem-dokumen yang diperlukan
1) Formulir slip pengajuan asuransi
2) Formulir slip pengajuan klaim
3) Polis asuransi
4) Surat pengantar PJT (Polis Jatuh Tempo)
5) Surat pengantar kerugian kendaraan
e. Prosedur Administrasi Asuransi Kendaraan Bermotor Wahana Tata meliputi:
1) Prosedur administrasi pembuatan polis baru
2) Prosedur administrasi pembaharuan polis
3) Prosedur administrasi pembayaran premi asuransi
4) Proses klaim dan pencairan klaim
f. Syarat- syarat permohonan asuransi kendaraan bermotor
1) Fotocopy KTP 1 lembar
2) Fotocopy STNK (Surat Tanda Naik Kendaraan)
3) Fotocopy BPKB
Collections
- DP-Financial Management [400]