• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (77)_1.pdf (503.2Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    ANINDIASARI, Novia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa, mempunyai peranan yang penting di dalam kehidupan manusia. Dengan menulis, seseorang dapat mengungkapkan ide, gagasan dan pesan kepada orang lain dengan bahasa tulis untuk menyampaikan maksud dan tujuannya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan menulis siswa kelas III di SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan tidak merangsang siswa; 2) siswa sulit menuliskan isi cerita secara runtut; 3) siswa sering kali salah dalam penggunaan ejaan; dan 4) minat menulis siswa masih rendah serta menganggap menulis atau mengarang adalah sesuatu yang tidak penting. Hasil tes menulis dalam ujian tengah semester menunjukkan bahwa dari 29 siswa, hanya 11 siswa (38%) dengan nilai ≥ 78 dan 18 siswa (62%) dengan nilai ≤ 78. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan media gambar seri. Penggunaan media gambar seri untuk pengajaran menulis narasi dianggap tepat, karena media gambar dapat membantu siswa mendapatkan suatu ide untuk disampaikan dan gambar bukanlah hal yang asing bagi siswa. Berdasarkan pokok permasalahan di atas, maka rumusan masalahnya sebagai berikut. (1) Bagaimanakah penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah digunakan media gambar seri pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012, dan (2) peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah digunakan media gambar seri pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012. Untuk memecahkan permasalahan di atas maka digunakan metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDIT Harapan Umat Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa prosedur penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi adalah (1) kelompok yang telah dibentuk oleh guru bertugas mengurutkan gambar seri, (2) setiap anggota kelompok membuat satu kalimat pokok berdasarkan satu gambar kemudian menyalin semua kalimat pokok yang telah ditulis oleh teman satu kelompoknya, (3) setiap siswa mengembangkan kalimat pokok menjadi sebuah karangan narasi, (4) siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki kembali hasil karangannya. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah digunakan media gambar seri pada siklus I meningkat sebanyak 3 siswa atau 12% dari keseluruhan jumlah siswa. Dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebanyak 8 siswa atau 29% dari total 28 siswa. Jadi, sebanyak 22 siswa atau sebesar 79% dari total 28 siswa kelas III SDIT Harapan Umat Sumbersari Jember sudah mencapai ketuntasan nilai secara klasikal ( ≥78% dari jumlah siswa). Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menggunakan media gambar seri secara maksimal dan memanfaatkan media pembelajaran selain dari buku paket yang digunakan di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18306
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository