ANALISIS PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN BERAS (PB) SAUDARA TANI DESA KEMIRI BANYUWANGI
Abstract
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa data primer
dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara secara langsung dengan
pihak manajemen PB.Saudara Tani. Sedangkan data sekunder berupa literaatur
dan hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang
menggambarkan atau melukiskan obyek penelitian pada saat sekarang. Metode
analisis dalam penelitian ini adalah metode analsis S.W.O.T
Berdasarkan hasil analisis S.W.O.T dapat diketahui bahwa PB.Saudara
Tani berada pada kuadran I. Hal ini berarti bahwa perusahaan pada posisi agresif
sehingga dapat diajukan alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan
antara lain adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk,
diversifikasi konglomerat, diversifikasi konsentris, diversifikasi horizontal,
integrasi ke depan, integrasi ke belakang, dan integrasi horizontal.
Setelah perusahaan menetapkan strategi yang dipilih maka implementasi
strategi yang harus dilakukan oleh PB.Saudara Tani antara lain yaitu:
meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Agresif dalam pemasaran denga
cara memperluas daerah pemasaran, melakukan promosi secara gencar,
melakukan inovasi-inovasi untuk menghasilkan produk-produk yang baru dan
memperkuat segmentasi pasarnya, mengurangi biaya produksi dan meningkatkan
penjualan dari masing-masing komoditas, dan meningkatkan produksi komoditas
yang menguntungkan dan men