PEMBATAS-PEMBATAS TINGKAT MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pembatas-pembatas tingkat manajemen
laba pada perusahaan sektor barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Populasi
penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2005-2010 dengan penentuan
sampel menggunakan purposive sampling.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diterbitkan oleh
perusahaan. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel, yaitu ukuran perusahaan,
kualitas audit, kepemilikan institusional, financial leverage.
Manajemen laba diukur menggunakan Discretionary Accruals (DA) dan
pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Dan
hasil pengujian menunjukkan bahwa anggaran partisipasi bahwa hanya variabel
kualitas audit yang berpengaruh negatif secara signifikan terhadap tingkat manajemen
laba pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Sedangkan variabel yang lain, yaitu ukuran perusahaan, kepemilikan institusional,
dan financial leverage tidak dapat ditemukan bukti adanya pengaruh dari variabelvariabel
tersebut
terhadap
tingkat
manajemen
laba.