HUBUNGAN ANTARA SIKAP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TENTANG PROFESI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Angkatan 2003)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang berpengaruh dan
bertujuan untuk mengetahui rata-rata sikap mahasiswa program studi pendidikan
ekonomi angkatan 2003 tentang profesi guru, prestasi belajar yang telah diperoleh
serta adakah hubungan yang signifikan antara sikap mahasiswa program studi
pendidikan ekonomi tentang profesi guru dengan prestasi belajar. Penelitian ini
dilakukan di kampus FKIP Universitas Jember, pada mahasiswa program studi
pendidikan ekonomi angkatan 2003. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui
metode angket. Angket yang digunakan dalam penelitian ini di try out terlebih dahulu
kepada 30 responden, untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.
Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
korelasi Product Moment, Regresi Linear dan Uji Normalitas. Hasil analisis tersebut
menunjukan rata-rata sikap mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP
Universitas Jember Angkatan 2003 tentang profesi guru adalah (M) = 153,877, ini
masuk ke dalam kelas (rangking) 153 – 181 (sangat positif) dengan demikian ratarata
sikap mereka tentang profesi guru adalah sangat positif. Prestasi Belajar yang
diperoleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember
Angkatan 2003 masuk dalam kategori Cukup yaitu sebanyak 33 (57,89%) responden
memiliki IPK yang berkisar dari 2,0 – 2,9 dan terdapat hubungan yang kuat dan
signifikan antara sikap mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP
Universitas Jember angkatan 2003 tentang profesi guru dengan prestasi belajar. Nilai
konstanta diperoleh sebesar -2,303 hal ini menunjukkan bahwa apabila variabel Sikap
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tentang Profesi Guru (X) dan
variabel bebas yang lain (ei) sama dengan nol maka IPK (Y) sama dengan -2,303 atau
apabila tidak ada variabel X, maka IPK akan turun sebesar -2,303
Hal ini memberikan pengertian bahwa semakin positif sikap mereka tentang
profesi guru maka akan diiringi dengan meningkatnya IPK yang diperoleh
mahasiswa.