KUALITAS PELAYANAN FOOD AND BEVERAGE SERVICE DI HOTEL BINTANG MULIA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk
pengusahaan obyek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha yang terkait dibidang
usaha tersebut, baik yang berupa nyata/nampak (tangible product) dan yang berupa
tidak nyata/tidak tampak (intangible product). Hotel n‟ Resto Bintang Mulia Jember
adalah hotel yang bertaraf bintang tiga (***) di Jember, yang merupakan salah satu
jasa pariwisata yang menyediakan fasilitas penginapan, dan makan dan minum (food
and beverage). Hotel ini didirikan untuk tujuan berbisnis, didalam hotel ini banyak
terdapat bagian struktur organisasi yang terdiri dari yang terdiri dari Accounting,
Front Office Departement, Food and Beverage Departement, Housekeeping
Departement, Enginering, dan Store Room yang masing-masing memiliki wewenang
dan tanggung jawab sendiri-sendiri dan saling terkait. Oleh karena itu, dibutuhkan
kualitas pelayanan yang sesuai standar bitang tiga yang nantinya agar tercapai tujuan
bersama. Kegiatan Praktek Kerja Nyata ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
kualitas pelayanan Food and Beverage Service.
Hasil Praktek Kerja Nyata diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tolak ukur
bagi karyawan agar bekerja sesuai standar kerja yang sudah ditetapkan. Untuk
menjamin kualitas suatu restoran, selain mutu kelezatan dan pelayanannya, faktor
harga yang sesuai dengan suasana sangatlah menunjang.
Penulis melihat kualitas pelayanan dari awal praktek sampai berakhir pada
bagian divisi makan dan minum, Hotel Bintang Mulia Jember yang terdiri dari bagian
service dan product sudah sesuai dengan standar yang dimiliki di Hotel Bintang
Mulia Jember. Penulis juga melihat karyawan yang kurang sesuai dengan standar
yang sudah ditentukan.