Penerapan Analisis S.W.O.T Sebagai Dasar Pemilihan Strategi Pemasaran Pada Dakota Cargo Cabang Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang
menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), serta
ancaman (threat) yang akan dihadapi oleh Dakota Cargo Cabang Jember dan
menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi Dakota Cargo Cabang Jember
untuk menghadapi persaingan yang ada.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif
merupakan suatu penelitian yang bersifat menggambarkan secara sistematis
mengenai fakta-fakta, situasi dan aktivitas dari obyek yang diteliti dengan tujuan
menggambarkan sifat tertentu yang tengah berlangsung pada saat riset dilakukan
dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Sampel dalam penelitian ini
adalah responden yang pernah memanfaatkan jasa Dakota Cargo Cabang Jember
Jember minimal 3 kali. Penelitian ini mengambil 55 sampel, 5 dari internal
perusahaan dimana para responden adalah para karyawan dan 50 dari eksternal
perusahaan yaitu para konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan periode waktu
penelitian adalah bulan Oktober sampai dengan Desember 2007. Data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan
adalah uji instrumen data dan analisis SWOT
Hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan klasifikasi pada tabel
IFAS dan EFAS diketahui bahwa skor untuk faktor strategis internal sebesar 2,854.
Sedangkan skor total untuk faktor eksternal sebesar 2,587. Dalam matrik Internal –
Eksternal (IE Matrik) didapatkan posisi Dakota Cargo Cabang Jember Jember yaitu
berada pada kuadran V yang bertanda asterix (2,584:2,587). Dalam kuadran V ini
berarti bahwa Dakota Cargo Cabang Jember Jember seharusnya menerapkan
strategi stabilitas.
Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa Dakota Cargo Cabang Jember
Jember penetapan strategi yang diterapkan adalah differensiasi (Differentation),
pengembangan pasar (Market Development), penetrasi pasar dan strategi ekspansi.