PENGELOLAAN ARSIP DALAM BIDANG KESEKRETARIATAN PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero)Tbk. CABANG JEMBER
Abstract
Praktek kerja nyata yang dilakukan pada PT. Bank Tabungan Negara
(Persero) Tbk. Cabang Jember telah menghasilkan sebuah kesimpulan sebagai
berikut:
a. Pengelolaan surat-menyurat pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
Cabang Jember menganut sistem desentralisasi. Sistem desentralisasi adalah
sistem kearsipan yang dalam pelaksanaannya tidak dipusatkan pada unit kerja,
karena masing-masing unit pengolah menyimpan arsipnya.
b. Semua surat masuk maupun surat keluar diserahkan kepada sekretaris untuk
diberikan lembar disposisi, disahkan oleh kepala cabang dan selanjutnya
diserahkan kepada kepala seksi untuk ditindak lanjuti.
c. Kegiatan mengelola arsip, baik pengarsipan surat masuk maupun keluar
dipusatkan pada suatu unit bagian yaitu sekretaris, akan tetapi pada PT. Bank
Tabungan Negara (Persero) Tbk. juga memiliki arsip surat masuk yang
diterima maupun yang dikeluarkan oleh setiap bagian tertentu.
d. Kegiatan mengeploeg formulir-formulir pada PT. Bank Tabungan Negara
yaitu, seperti formulir kiriman uang, formulir aplikasi kartu BTN dan sms
banking (ATM), formulir penyetoran perorangan, formulir pembayaran jasa
dan formulir penarikan. Mengeploeg dengan cara menyediakan kertas
maploeg berukuran 10x30 cm, setelah itu formulir tersebut diberi lem dan
ditempel pada kertas maploeg yang berisi maksimal 20 formulir.
e. Pelaksanaan kearsipan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang
Jember menggunakan sistem kearsipan yang berlaku dalam aturan yang
berlaku pada Bank Tabungan Negara.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]