PERAN PELAYANAN BANQUETDALAM PENYELENGGARAAN SUATU EVENTPADA HOTEL SAHID SURABAYA
Abstract
Salah satu sarana penting untuk memenuhi kebutuhan orang yang
bepergian lebih dari sehari adalah penginapan atau hotel. Hotel merupakan salah
satu akomodasi pariwisata yang terpenting dan terlengkap karena hotel
menyediakan sarana jasa dalam bentuk penginapan juga menyajikan hidangan dan
sarana atau fasilitas lainnya. Dalam sebuah hotel terdapat beberapa bagian –
bagian yang berperanpenting dalammenggerakkan segala kegiatan dihotel seperti
Food and Beverage Department merupakan bagian dari hotel yang mengurus dan
bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta
kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak
tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.
Pada awalnya hotel tidak menyediakan fasilitas ruangan khusus yang
mempunyai kemampuan untuk menampung orang banyak dalam melakukan
kegiatan di hotel. Departemen banquet merupakan suatu bagian yang menjual
ruangan-ruangan khusus yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti seminar,
rapat, lokakarya dan sebagainya. Banquet berada dalam bagian food and baverge
namun pemasarannya tidak melalui bagian food and baverage tersebut.Dengan
adanya departemen banquet ini dapat memberikan kontribusi serta keuntungan
tersendiri bagi kelangsungan hidup hotel, khususnya di bagian food and baverage.
Dalam pelaksanaannya, banquet memiliki prosedur-prosedur yang perlu
diperhatikan agar kegiatan berjalan sesuai dengan keinginan tamu. Dengan
demikian tamu akan merasa senang dan puas dengan pelayanan yang
diberikan.Peranan banquet memang sangat penting apabila didukung dengan
fasilitas yang lengkap dan memadai terlebih untuk hotel yang besar.