PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA PT FISHINDO KUSUMA SEJAHTERA MUNCAR BANYUWANGI
Abstract
Dalam menetapkan strategi pemasaran pada perusahaan digunakan
metode analisis SWOT yaitu dengan menentukan faktor strategis perusahaan,
kemudian diolah kedalam tabel IFAS (Internal Strategic Factors Analysis
Summary) dan EFAS (Eksternal Strategic Factors Analysis Summary). Data dari
internal perusahaan diantaranya penyebaran kuistioner pada pimpinan
perusahaan dan karyawan perusahaan. Sedangkan dari eksternal perusahaan
mencakup peluang dan ancaman, data yang diperoleh dari para konsumen PT.
Fishindo Kusuma Sejahtera Muncar, Banyuwangi.hasil dari IFAS dan EFAS
tersebut digunakan untuk menentukan posisi perusahaan. setelah diketahui
posisi kuadran perusahaan, maka digunakan analisis SWOT sehingga dapat
ditentukan kebijakan dan strategi yang harus dilakukan oleh PT. Fishindo
Kusuma Sejahtera Muncar, Banyuwangi.
Berdasarkan hasil pengolahan data yaitu IE Matriks yang mengacu pada
tebel IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa PT. Fishindo Kusuma Sejahtera
Muncar, Banyuwangi berada pada kuadran V yang berarti strategi pemasaran
secara global yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan adalah strategi
konsentrasi melalui integrasi horizontal (strategi stabilitas).
Berdasarkan kesimpulan yang ada maka saran yang bermanfaat dan
sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi pihak manajemen pada PT.
Fishindo Kusuma Sejahtera Muncar, Banyuwangi adalah malakukan perbaikan
dan peningkatan dalam hal jenis usaha dan variasi produk, menerapkan alternatif
strategi pengembangan produk (product development), Perbaikan manajemen
terutama dalam hal pengambilan keputusan.