Analisis Brand Loyalty Pada Kartu Seluler Merek As di Kalangan Pelajar SMAN 2 Genteng, Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Analisis Brand Loyalty Pada Kartu Seluler Merek As di Kalangan Pelajar SMAN 2 Genten Kabupaten Banyuwangi “. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas merek pada konsumen khususnya pada pelajar SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi pengguna kartu seluler merek As, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui ukuran keterkaitan pelanggan kepada sebuah merek yang mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek produk lain, terutama jika pada merek tersebut didapati adanya perubahan baik menyangkut tarif atau pun atribut yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan metode pengumpulanya menggunakan informasi yang didapatkan berasal dari responden dengan menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini sebanyak 60 orang dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah alat analisis pengujian instrumen yaitu Person Product Moment dan uji reliabilitas Cronbach alpha. Metode analisis data yang digunakan adalah rata-rata, standar deviasi, brand swiching pattern matrix, dan piramida brand loyalty. Hasil dari perhitungan yang didapat dari kartu seluler merek As, pada tingkat liking the brand yaitu sebesar 68,33%, satisfied buyer 50,00%, habitual buyer 45,00% sedangkan ditingkat terendah switcher sebesar 28,33% dan committed buyer sebesar 46,67%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen kartu seluler merek As terkonsentrasi pada tingkat liking the brand. Hal ini kartu seluler merek As menunjukkan tingkat loyalitas merek yang kuat didukung dengan jumlah committed buyer lebih besar dari pada jumlah switcher.