Show simple item record

dc.contributor.authorDINA FITRIA PUSPITASARI
dc.date.accessioned2014-01-20T02:18:52Z
dc.date.available2014-01-20T02:18:52Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM080210204081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18085
dc.description.abstractMasalah pendidikan merupakan hal yang sangat kompleks. Dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut terdapat berbagai faktor yang mempengaruhinya, hendaknya melibatkan peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu masalah yang memerlukan perhatian dalam kegiatan belajar mengajar adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang baik diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik secara utuh yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Salah satu pembelajaran yang efektif di kelas dan lebih memberdayakan potensi siswa adalah metode eksperimen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada materi gaya magnet siswa kelas V SDN Gugut 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada materi gaya magnet siswa kelas V SDN Gugut 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Gugut 02 mulai tanggal 11 Januari sampai 21 Mei 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema dari hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada siklus I dengan kriteria sedang dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 56% dan pada siklus II sebesar 60%, (2) Pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 40% dan siklus II secara klasikal sebesar 80% atau dapat dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA dengan metode eksperimen pada materi gaya magnet siswa kelas V SDN Gugut 02 Rambipuji-Jember, memberikan saran bagi siswa agar lebih meningkatkan minatnya terhadap IPA, guru hendaknya menggunakan sarana dan prasarana untuk kegiatan pembelajaran IPA dengan metode eksperimen untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, untuk peneliti lain hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204081;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMENen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI GAYA MAGNET SISWA KELAS V SDN GUGUT 02 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record