ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI SWALAYAN DANI JAYA BONDOWOSO
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
signifikan faktor produk, harga, promosi, pelayanan, atribut fisik, dan lokasi baik
secara bersama-sam maupun secara parsial terhadap pengambilan keputusan
konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2008 di swalayan
Dani Jaya Bondowoso. Populasinya adalah orang yang berbelanja di swalayan
Dani Jaya Bondowoso mulai Januari 2008 sampai dengan Mei 2008. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dengan metode accidental sampling yaitu
teknik sampling dengan cara melakukan wawancara pada konsumen yang ditemui
sedang melakukan transaksi pembelian. Variabel operasional yang digunakan
terdiri dari variabel kepuasan konsumen sebagai variabel terikat dan Produk,
Harga, Promosi, Pelayanan, Atribut Fisik, serta Lokasi sebagai variabel bebas.
Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menghitung
pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dan bersamasama.
Hasil
analisis
data
menunjukkan
bahwa
ada
pengaruh
antara
variabel
bebas
terhadap
kepuasan konsumen. Hal ini terlihat pada hasil uji t yang menunjukkan
bahwa masing-masing variabel bebas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah variabel bebas
mempunyai pengaruh dari masing-masing variabel independen dapat dilihat dari
besarnya koefisien regresi yaitu untuk variabel produk sebesar 0,303, Variabel
harga sebesar 0,145, varibel promosi sebasar 0,200, variabel pelayanan sebesar
0,199, variabel Atribut Fisik sebesar 0,180, dan variabel lokasi sebesar 0,185.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F menunjukkan F
,
yaitu 94,176>2,53 yang berarti bahwa kelima variabel secara bersama-sama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada tingkat
signinifikan 5%. Hasil pengujian dengan uji F menunjukkan bahwa variable
produk harga, promosi, pelayanan, atribut fisik dan lokasi secara bersama-sama
berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen berbelanja di swalayan
Dani Jaya Bondowoso.
hitung
> F
tabel