ENGARUH TUNDAAN AKIBAT PARKIR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SATU ARAH DAERAH PERKOTAAN
Abstract
Parkir di badan jalan adalah bentuk gangguan samping yang sangat
berpengaruh terhadap kecepatan dan kapasitas ruas jalan. Data dan evaluasi
tentang pengaruh parkir merupakan tahapan penting dalam sebuah perencanaan
dan pengoperasian jalan raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
berapa waktu pengaruh tundaan akibat parkir terhadap kecepatan kendaraan dan
bagaimana model hubungan antara tundaan terhadap kecepatan dan volume arus
lalu lintas.
Penelitian ini dilakukan di jalan Gajah mada, lokasi merupakan titik
pertemuan dari tiga jalur sehingga sering terjadi kemacetan. Data di ambil selama
satu minggu, meliputi data tundaan, kecepatan, dan volume. Data tersebut
dianalisis sehingga membentuk grafik dan menghasilkan persamaan.
Dari penelitian ini diperoleh besarnya tundaan yang memiliki
pengaruh tertinggi terhadap kecepatan adalah 19.00 detik sampai 22,00 detik.
Model hubungan antara tundaan dengan kecepatan yaitu untuk kendaraan ringan,
terjadi penurunan kecepatan pada interval tundaan sebesar 13,00 detik sampai
42,99 detik dan terjadi peningkatan kecepatan pada interval tundaan diatas 46,00
detik. Model hubungan antara tundaan dan volume adalah volume mengalami
kenaikan pada interval tundaan 13,00 detik sampai 33,99 detik dan mengalami
penurunan pada interval tundaan diatas 44.00 detik. Model hubungan antara
kecepatan dan volume yaitu untuk sepeda motor, kecepatan semakin menurun saat
volume mencapai 110,00 smp sampai 140,00 smp, dan saat volume diatas 140,00
smp kecepatan terlihat stabil.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]