• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatakan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII F Semester Ganjil SMP NEGERI 1 RAMBIPUJI Tahun Ajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (194)xx_1.pdf (523.5Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    PRAMITASARI, Arynda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 1 Rambipuji diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Salah satu bentuk proses pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan minat, motivasi belajar, serta dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah pembelajaran penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing adalah metode mengajar dimana siswa menemukan sendiri baik konsep, aturan, teorema, rumus, pola, dan sebagainya. Dalam hal ini peran guru adalah membimbing dan mengarahkan siswa bukan memberitahu. Langkah-langkah metode penemuan terdiri dari enam fase antara lain: fase perumusan masalah, fase analisa data, fase penyusunan konjektur, fase evaluasi, fase penarikan kesimpulan, dan fase aplikasi. Selain itu kontekstual juga dapat diterapkan dalam pembelajaran metode penemuan terbimbing, karena dalam kontekstual guru dapat mengaitkan isi materi pelajaran dengan keadaan dunia nyata. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memiliki tujuh komponen utama, yaitu: konstrukstivisme (constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (Modelling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (autenthic assessment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual, aktivitas siswa dan ketuntasan serta peningkatan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17997
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository