PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA OBYEK WISATA UMBUL PULE DI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Pariwisata di Indonesia saat ini sudah berkembang, salah satu daearah
yang memiliki potensi wisata cukup besar adalah Kabupaten Banyuwangi.
Banyuwangi memiliki keunggulan wisata dari pada Kabupaten sekitarnya. Salah
satu obyek wisata yang ada di Banyuwangi adalah Umbul Pule. Umbul Pule
merupakan obyek wisata pemandian yang sudah lama ada sejak 9 tahun yang lalu,
namun 3tahun terakhir ada pesaing baru dan cukup berpengaruh pada kondisi
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang
sesuai dan dapat diterapkan untuk obyek wisata Umbul Pule dalam menghadapi
pasar dan persaingan.
Penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada
informan penelitian, yaitu orang- orang yang mengerti tentang wisata Umbul Pule
dan bisa dipertanggung jawabkan, seperti manajer, karyawan dan juga pengunjung
yang sering berkunjung ke tempat wisata ini minimal 3kali kunjungan. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer
didapat dari hasil wawancara kepada informan dan data sekunder didapat dari
literatur yang terkait dengan penelitian, internet, penelitian sebelumnya yang
sejenis dan laporan relevan dari perusahaan yang berhubungan dan dapat
menunjang penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam analisis ini adalah
analisis SWOT, dan IE matriks untuk mengetahui posisi perusahaan saat ini.
Sesuai dengan hasil analisis yang telah dilakukan terdapat beberapa
alternatif strategi, diantaranya strategi bidang operasional, keuangan, sumber daya
manusia dan pemasaran. Dari beberapa alternatif strategi tersebut, alternatif
strategi bidang pemasaran yang bisa diterapkan dan sesuai dengan kondisi
perusahaan adalah melakukan pengembangan dan variasi fasilitas serta
meningkatkan kegiatan periklanan agar lebih dikenal, menerapakan harga promo
dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan, menjalin kerjasama dengan pihak
luar untuk menarik konsumen, mendapatkan pendanaan dan memperluas pangsa
pasar, memberikan potongan harga diwaktu tertentu serta meningkatkan kegiatan
promosi terutama di pasar lokal yang potensial.