dc.contributor.author | Dina Margrit Asteria | |
dc.date.accessioned | 2014-01-20T01:27:34Z | |
dc.date.available | 2014-01-20T01:27:34Z | |
dc.date.issued | 2014-01-20 | |
dc.identifier.nim | NIM070810201180 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17941 | |
dc.description.abstract | Usaha ritel atau eceran dapat dipahami sebagai semua kegiatan yang
terlibat dalam penjualan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir
untuk penggunaan pribadi dan bukan penggunaan bisnis. Penelitian yang berjudul
“ Analisis Perubahan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam berbelanja dari ritel
Tradisional ke Ritel Modern (Minimarket) di Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember” bertujuan untuk menganalisis perubahan perilaku ibu rumah tangga
dalam berbelanja dari ritel tradisional ke ritel modern di Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif yang
menguraikan tentang objek yang diteliti. Metode analisis data menggunakan
analisis deskriptif dengan data primer dan data sekunder. Variabel yang dianalisis
dalam penelitian ini adalah perubahan perilaku ibu rumah tangga dalam
berbelanja. Metode sampling menggunakan two step sampling yaitu area
sampling dan quota samping dengan mengambil 2 kelurahan di Kecamatan
Sumbersari, yaitu Kelurahan Sumbersari dan Kelurahan Kebonsari dengan jumlah
responden sebanyak 60 ibu rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
sudah mulai terjadi perubahan perilaku ibu rumah tangga dalam melakukan
perbelanjaan dari ritel tradisional ke ritel modern. Hal ini terjadi karena di
pengaruhi oleh faktor strategi bauran ritel, lingkungan luar, lingkungan indivdu
dan manfaat pertukaran sumber daya. Keunggulan strategi bauran ritel yang
diaplikasikan oleh ritel modern mampu mempengaruhi konsumen untuk
berbelanja di ritel modern karena ritel modern mampu memaksimalkan peluang
dari perubahan lingkungan luar yang menghasilkan keunggulan bersaing.
Kepuasan konsumen dan keinginan untuk membeli ulang di ritel modern
merupakan indikasi keberhasilan strategi bauran ritel selain faktor manfaat yang
diterima konsumen sebagai akibat pembelian. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070810201180; | |
dc.subject | Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Berbelanja, Ritel Tradisional, Ritel Modern. | en_US |
dc.title | ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM BERBELANJA DARI RITEL TRADISIONAL KE RITEL MODERN (MINIMARKET) DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |