Show simple item record

dc.contributor.authorS U A D I N
dc.date.accessioned2014-01-20T01:01:33Z
dc.date.available2014-01-20T01:01:33Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210204012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17863
dc.description.abstractDalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar menunjukan bahwa guru mendominasi jalannya pembelajaran karena siswa belum terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan juga siswa sering diminta untuk menghafal materi-materi tertentu sehingga membuat siswa merasa kurang memahami tentang pelajaran IPA yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajarnya rendah. Penerapan metode eksperimen dapat memberi kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial, meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan melalui kegiatan percobaan dan diskusi kelompok, yang pada akhirnya dapat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan macam-macam gerak benda dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 ?; (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan macam-macam gerak benda dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA pokok bahasan macam-macam gerak benda dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan macam-macam gerak benda pada siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 kelas IIIB yang berjumlah 35 siswa yang dalam pelaksanaan pembelajarannya, siswa dibagi dalam 8 kelompok yang terdiri dari 4 dan 5 siswa dalam tiap kelompoknya. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menganalisis prosentase aktivitas individu, klasikal dan ketuntasan hasil belajar. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 15 November 2010 sampai 25 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu siswa. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 85,71% dan prosentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 88,57%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 100% dan prosentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 100%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka siswa kelas IIIB telah mencapai prosentase aktivitas secara klasikal, karena kelas dikatakan aktivitasnya baik bila terdapat minimal 70% dari jumlah siswa mendapat prosentase individu minimal 65% dalam kelas itu. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II tersebut, maka siswa kelas IIIB telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 70% dari jumlah keseluruhan yang telah mencapai skor ≥ 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan macam-macam gerak benda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204012;
dc.subjectPeningkatan Aktivitas, Macam-macam Gerak Benda, Metode Eksperimen, Siswa Kelas III SDN Karangrejoen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Macam-macam Gerak Benda dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas III SDN Karangrejo 02 Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record