Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Insiyah
dc.date.accessioned2014-01-20T00:17:39Z
dc.date.available2014-01-20T00:17:39Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM080210204027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17748
dc.description.abstractBerdasarkan fakta di lapangan, mayoritas siswa SD tidak menyukai pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami dan disajikan dengan pembelajaran yang konvensional. Teori Bruner dalam discovery learning merupakan suatu metode pembelajaran yang memperhatikan tahap belajar anak dengan cara menemukan dan mengkonstruks sendiri pengetahuan yang diperoleh. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan teori Bruner dalam discovery learning pada materi luas persegi dan persegi panjang yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012?; (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning?; (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning? Sesuai dengan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teori Bruner dalam discovery learning pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id 2011/2012, meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 02 kelas III Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 43 siswa, 22 siswa perempuan, 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 9 Mei 2011 sampai 23 Mei 2012 dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Curahnongko 02 yang meliputi aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 56,92%, pertemuan ke-2 adalah 62,46% dan siklus II pertemuan ke-1 sebesar 80,51%, pertemuan ke-2 82,39%. Presentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 66,67%, pertemuan ke-2 adalah 77,78%, dan Siklus II pertemuan ke-1 adalah 81,48%, pertemuan ke-2 adalah 96,30%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,16% dan Siklus II sebesar 79,07%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teori Bruner dalam discovery learning efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang. Dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi luas persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase hasil tes akhir siklus I dan siklus II sebesar 65,12%. Dengan demikian, diharapkan guru dapat menerapkan teori Bruner dalam discovery learning sebagai alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran yang sama di dalam kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204027;
dc.subjectDISCOVERY LEARNINGen_US
dc.titlePENERAPAN TEORI BRUNER DALAM DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI SDN CURAHNONGKO 02 TEMPUREJO- JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record