ANALISIS PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PENGGUNA SATRIA FU 150 DI KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Semakin ketatnya persaingan pabrikan motor saat ini, diperlukan
pengguna motor yang loyal guna dapat bertahan, karena pengguna motor yang
loyal akan setia dan menjadi partner dalam memasarkan produk. Untuk dapat
membangun loyalitas diperlukan kepuasan dan kepercayaan pada pengguna
merek. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh brand community
terhadap loyalitas merek pada pengguna satria FU 150 di Kabupaten Situbondo.
Dalam penelitian ini terdapat enam hipotesis, yaitu Legitimasi, Loyalitas merek
oposisi, Merayakan sejarah merek, Berbagi cerita merek, Integrasi dan
mempertahankan anggota, Membantu dalam penggunaan merek berpengaruh
terhadap loyalitas merek pada pengguna Satria FU 150 di Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode sensus dengan bantuan koesioner, didapat 120
orang responden dilakukan pada bulan Januari dan Februari 2013.
Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda Confirmatory.
Setelah terbukti valid dan reliabel serta uji kelayakan model yang telah terbukti
baik. Maka dilakukan uji regresi confirmatory dengan signifikansi <0,5. Dari hasil
uji membuktikan bahwa keenam hipotesis dapat diterima dengan positif dan
signifikan. Dengan demikian maka diperlukan kepuasan dan kepercayaan dalam
membangun loyalitas, karena semakin besar kepuasan dan kepercayaan maka
akan semakin besar loyalitas.