Show simple item record

dc.contributor.authorASIYAH,Siti
dc.date.accessioned2014-01-19T23:45:37Z
dc.date.available2014-01-19T23:45:37Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nim040210301293
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17681
dc.description.abstractKegiatan belajar anak sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang muncul dari luar diri siswa, sehingga berpengaruh terhadap aktivitas belajarnya. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor dari luar diri siswa yang turut mempengaruhi proses belajarnya. Tanpa disadari kedua faktor tersebut menjadi penghambat tingkat prestasi belajar yang dicapai siswa. Prestasi belajar merupakan salah satu alat pengukur berhasil tidaknya proses belajar yang dilakukan anak. Jika prestasi belajar yang dicapai rendah, berarti proses belajar yang dilakukan anak tersebut kurang berhasil. Sebaliknya, jika prestasi belajar yang dicapai tinggi bisa dikatakan bahwa anak telah mencapai keberhasilan dalam proses belajarnya. Oleh karenanya, perlu disadari bahwa dalam belajar terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang menggangu aktivitas belajar siswa, sehingga berpengaruh terhadap tingkat prestasi yang dicapai. Landasan teori yang digunakan berkaitan dengan prestasi belajar, yaitu: Gagne (dalam Na’im, 2003:60) menyatakan bahwa dibutuhkan dua kondisi agar setiap bentuk belajar dapat terjadi yaitu kondisi internal dan kondisi eksternal. Kondisi internal dan eksternal tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Oleh karenanya, kondisi belajar yang kondusif sangat mendukung tingkat keberhasilan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 dan diantara keduanya yang berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penentuaan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive yaitu di SMP Negeri 5 Jember. Metode penentuan responden secara proporsional random sampling dengan jumlah responden sebayak 67 siswa, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analissis regresi linear berganda, analisis varian garis regresi, uji F, Uji t dan standart error of estimate. Hasil dari analisis data yaitu dibuktikan dengan menggunakan uji F dengan hasil F (115,289 > 3,14) dengan tingkat α = 0,05 > signifikansi 0,000. Secara parsial dengan uji t variabel faktor internal berpengaruh terhadap prestasi belajaar IPS siswa dengan t hitung > F tabel hitung = 8,137 > t = 1,998 dan α = 0,05 > sig. f = 0,000 dan variabel faktor eksternal juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS dengan t hitung = 6,582 > t tabel tabel = 1,998 dan α = 0,05 > sig. f = 0,000. Koefisien determinasi (R ) yang berarti faktor internal dan faktor eksternal memberikaan proporsi sumbangan sebesar 78,23%. Proporsi sumbangan tersebut merupakan persentase secara signifikan antara kedua variabel faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar IPS. Dengan proporsi masing-masing variabel faktor internal memberikan sumbangan sebesar 44,47% dan faktor eksternal memberikan sumbangan sebesar 33,76%. square Kesimpulan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa di antara kedua variabel bebas yang diteliti terbukti variabel faktor internal mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2008/2009.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210301293;
dc.subjectFAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNALen_US
dc.titlePengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Prestasi Belajar Ipsen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record