dc.description.abstract | Penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap
Volume Penjualan Pada PT. Sun Motor Jember” dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui seberapa besar promosi yang dilakukan perusahaan berpengaruh
terhadap volume penjualan, serta untuk mengetahui variabel promotional mix
yang memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap volume penjualan (Rp).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dimana untuk
menentukan tingkat pengaruh dari masing-masing variabel biaya promosi
terhadap penjualan digunakan analisis Regresi Linier Berganda sedangkan untuk
mengetahui berapa besarnya presentasi (%) sumbangan masing-masing variabel
biaya promosi terhadap naik turunnya penjualan secara serentak digunakan
analisis Determinasi Berganda. Kemudian digunakan pengujian F-test untuk
menguji koefisien secara keseluruhan. Sedangkan untuk mengetahui variabel
biaya promosi yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap penjualan
digunakan analisis Korelasi Parsial serta dilakukan pengujian T-test untuk
menguji masing-masing koefisien pada persamaan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variabel promotional mix
terhadap volume penjualan (Rp) mobil Mitsubhisi secara serentak sebesar 46,4%.
Serta berdasarkan hasil pengujian koefisien regresi dari variabel bebasnya secara
bersama-sama terhadap penjualan dengan menggunakan uji-F dapat dikatakan
mempunyai pengaruh yang nyata terhadap penjualan. Sedangkan untuk variabel
biaya promosi yang mempunyai hubungan paling dominan terhadap volume
penjualan adalah variabel personal selling sebesar 4,053.
Kesimpulan dari hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa PT.
Sun Motor Jember hendaknya mengembangkan kegiatan promosinya dengan
harapan keuntungan penjualan mobil Mitsubhisi Jenis FE-120PS, L300PU,
L300MB, akan lebih besar sehingga mempunyai dampak yang berkelanjutan
terhadap penjualan. Selain itu juga diperlukan adanya keseimbangan antara
kegiatan variabel-variabel promosi yang dilakukan oleh PT. Sun Motor Jember
sehingga diharapkan dapat meningkatkan keuntungan penjualan mobil secara
kontinyu. | en_US |