dc.description.abstract | Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya
proses pembelajaran. Anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan
berpikirnya. Proses pembelajaran di dalam kelas cenderung mengarahkan anak untuk
menghafal informasi, otak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai
informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya, yaitu tanpa
menghubungkannya dengan kehidupan sehari- hari. Akibatnya, ketika anak didik
lulus dari sekolah, mereka hanya pintar secara teoritis saja, tetapi mereka miskin
aplikasi. Penerapan strategi pembelajaran permainan tipe snowball trowing ini dalam
pembelajaran biologi ialah melibatkan siswa untuk dapat berperan aktif dengan
bimbingan guru, agar peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep dapat
terarah lebih baik. Penerapan strategi pembelajaran permainan tipe snowball
throwing yang disertai dengan pemberian peta konsep merupakan salah satu upaya
meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa khususnya pada siswa SMP.
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh strategi pembelajaran permainan tipe
snowball throwing terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bondowoso pada bulan Mei semester 2 tahun
pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan secara kuasi eksperimen pada kelas VIII SMP
Negeri 1 Bondowoso. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar
biologi siswa, check list instrumen penilaian aktivitas belajar siswa, video aktivitas
belajar siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan analisis levene statistic
untuk mengetahui uji homogenitas, analisis uji t untuk mengetahui perbedaan
aktivitas belajar siswa dan ANAKOVA terhadap hasil belajar kognitif.
Berdasarkan hasil penelitian, indikator aktivitas belajar siswa yang diamati
pada penelitian ini adalah ask and answer, giving opinion, discussion, cooperate, dan
listen to the subject of discussion. Untuk memperkuat hasil perhitungan yang
dilakukan secara manual dilakukan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa
perlakuan pada kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran
snowball throwing) dan pada kelas kontrol (metode ceramah) berpengaruh signifikan
terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji menggunakan
SPSS, menunjukkan signifikansi 0,161 yaitu > 0,05. Hal ini berarti H
(hipotesis
nihil) ditolak dan H
(hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain, terdapat
perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar kelas kontrol dan kelas
1
eksperimen.
Pengaruh strategi snowball throwing terhadap hasil belajar biologi siswa dapat
dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test yang telah dianalisis dengan
menggunakan uji statistik ANAKOVA. Setelah dilakukan uji normalitas dan
hasilnya data pretest dan posttest adalah berdistribusi normal, sehingga dapat
dilakukan uji Anakova. Hasil uji statistik ANAKOVA terhadap nilai pretest dan
posttest menghasilkan signifikansi 0, 000 yaitu < 0,05. Hal ini berarti H
(hipotesis
nihil) ditolak dan H
(hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain, hasil
perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pengaruh strategi snowball throwing pada
1
kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil
belajar kognitif siswa di SMP Negeri 1 Bondowoso. | en_US |