PENGUASAAN KOS AKATA BAHAS A INDONESIA MURID KELAS IV SDN KENONGO KECAMATAN GUCIALIT LUMAJANG BERDASARKAN STATUS SOSIAL ORANG TUA
Abstract
Bahasa   mempunyai  peranan  yang  sangat  penting  dalam  kehidupan manusia sebab antara  manusia dan bahasa tidak dapat dipisahkan. Kehidupan seorang murid tidak dapat dipisahkan dari bahasa, karena bahasa merupakan alat atau sarana komunikasi. Seorang murid belajar memperoleh bahasa melalui pergaulan sehari- hari dengan keluarga dan lingkungannya.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata bahasa Indonesia murid kelas IV SDN Kenongo; kata benda, kata kerja, kata sifat, kata ganti, (2) membandingkan tingkat penguasaan kosakata bahasa Indonesia murid kelas IV SDN Kenongo berdasarkan status sosial keluarga, dan (3)  mengidentifikasi  faktor  yang  mempengaruhi  penguasaan kosakata  bahasa Indonesia pada murid kelas IV S DN Kenongo.
Penyediaan  data  menggunakan  metode  tes   untuk   mengukur  tingkat
penguasaan kosakata bahasa Indonesia murid yang dilakukan dengan menggunakan daftar tanyaan berjumlah 300 kosakata. Metode selanjutnya yaitu metode cakap atau wawancara dilakukan dengan alat kuesioner. Kuesioner berupa daftar tanyaan yang berjumlah 13 soal untuk dijawab oleh setiap murid, yang berisi tentang: (1) status sosial orang tua; (2) bahasa yang dipakai dalam berbagai situasi dan  lingkungan; (3)  sarana  dan prasarana  komunikasi;  dan (4)  bahan
bacaan.
Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan mengukur tingkat penguasaan kosakata murid. Selanjutnya,    data    tersebut    dianalisis    secara    korelatif    kualitatif   artinya
 
mengkorelasikan dua data dengan cara kualitatif. Data yang dihubungkan adalah data mengenai penguasaan kosakata bahasa Indonesia murid SD dengan faktor- faktor yang mempengaruhinya.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata penguasaan kosakata  murid kelas  IV S DN  Kenongo  yang orang tua  sebagai pegawai sebesar 92, nilai rata-rata penguasaan kosakata  murid kelas IV SDN Kenongo yang orang tua sebagai pedagang sebesar 87, dan nilai rata-rata penguasaan kosakata murid kelas IV S DN Kenongo yang orang tua sebagai petani yaitu sebesar 77.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada murid kelas IV SDN Kenongo Gucialit Lumajang, meliputi: faktor pekerjaan orang  tua,   faktor  sarana  komunikasi  yang  tersedia  di  rumah,  dan  faktor penggunaan bahasa Indonesia di luar lingkungan sekolah. Dari 20 murid kelas IV yang pembagiannya  yaitu 8  murid  orang  tuanya  bekerja  sebagai pegawai di instansi pemerintah, 5 murid orang tuanya bekerja sebagai pedagang, dan 7 murid orang tuanya bekerja sebagai petani, ditemukan sebagai berikut.
Murid yang orang tuanya bekerja sebagai pegawai lebih sering menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi sehari- hari baik di lingkungan keluarga  dan  lingkungan  masyarakat,  sehingga  penguasaan kosakatanya  lebih baik. Murid yang orang tuanya bekerja sebagai pedagang jarang menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi sehari- hari baik di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, sehingga penguasaan kosakatanya di bawah murid yang orang tuanya pegawai. Murid yang orang tuanya bekerja sebagai petani jarang menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi baik di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, sehingga penguasaan kosakatanya relatif paling rendah. Atas dasar temuan tersebut disarankan keluarga pedagang dan petani lebih intensif dalam menggunakan bahasa Indonesia.