• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI TEKNIK KASUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Siswa Kelas I Semester 2 Di SMP Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2004/2005)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-sitisukais-1760-sitisuk-u_1.pdf (35.24Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Siti Sukaisih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Selama ini pokok bahasan pencemaran lingkungan diajarkan dengan teknik ceramah dan diskusi. Dengan teknik ceramah dan diskusi saja siswa kurang dapat mengkaitkan antara materi pelajaran dengan pengetahuan yang diperoleh siswa sehingga perlu diterapkan suatu teknik pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa sesuai dengan dengan pengalaman yang sering terjadi di lingkungan sekitar siswa, yaitu pembelajaran kontekstual melalui teknik kasus dengan menggunakan media VCD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual melalui teknik kasus dengan menggunakan media VCD terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada tanggal 28 Maret sampai dengan 16 April 2005 di SMPN 2 Jember. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental. Sample penelitian ditentukan dengan teknik Random Sampling yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIB (kelas eksperimen) dan kelas VIIC (kelas kontrol). Analisis data dilakukan menggunakan Anova dengan Uji lanjut LSD 5%. Hasil dari penelitian ini diperoleh F hitung dari aspek kognitif sebesar 11,81, F dari aspek afektif sebesar 39,34, dan F hitung dari aspek psikomotor sebesar 31,29. F xiv hitung dari ketiga aspek adalah sebesar 3,96, F hitung >F tabel, tabel yang artinya hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda secara nyata. Nilai rata-rata kelas Eksperimen adalah sebesar 84,68 ± 6,66 dan 77.80 ± 10,23 untuk nilai kognitif, 78.24 ± 4,95 dan 70,83 ± 5,40 untuk aspek afektif, 83,16 ± 3,00 dan 77,93 ± 4,91 untuk aspek psikomotor. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kontekstual melalui teknik kasus dengan menggunakan media VCD terhadap hasil belajar siswa. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa maka guru perlu menerapkan pembelajaran kontekstual melalui teknik kasus dengan menggunakan media VCD.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17429
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository