ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN EFEKTIVITAS LAYANAN MUSYARAKAH PADA BEBERAPA BANK YANG MENERAPKAN SISTEM SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa bank yang menerapkan sistem
syariah di Indonesia dan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
keuangan. Tujuan penelitian adalah, untuk menentukan strategi yang sesuai untuk
perkembangan perbankan syariah di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan memanfaatkan informasi
dari internet dan buku yang telah banyak membahas tentang perbankan syariah di
Indonesia.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat analisis
SWOT maka faktor intern dan ekstern sangatlah diperlukan untuk menentukan
strategi yang dapat digunakan. Sedangkan dengan analisis BCG maka harus
mengetahui beberapa faktor yaitu tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif
dan market share. Segala faktor tersebut akan membantu dalam menentukan
strategi pemasaran yang diinginkan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemilihan strategi berdasarkan
analisis SWOT maka strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh bank yang
menerapkan sistem syariah di Indonesia adalah:
1. Mempertahankan segmen pasar
2. Menciptakan layanan jasa yang bisa menarik banyak minat masyarakat
3. Meningkatkan promosi
4. Memberikan layanan yang lebih baik
5. Meningkatkan kondisi keuangan
Selain itu, perbankan syariah di Indonesia juga bisa menggunakan strategi dengan
“Transformasi” yaitu:
1. Dari Produk Syariah ke Corporate Syariah.
2. Dari Sentimen Emosional ke Rasional Profesional.
3. Dari Pelanggan Muslim ke Pelanggan Umum.
4. Dari Pengusaha Besar kepada Orientasi yang lebih Adil
5. Dari Motif Investasi ke Akumulasi Modal.