• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Financial Management
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Financial Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PELAKSANAAN KEGIATAN KORESPONDENSI PADA KANTOR PEGADAIAN CAB. TEGAL BOTO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    A (58)x_1.pdf (97.51Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Elok Ramadhani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada Perum Pegadaian Cabang Tegal Boto Jember sebagai berikut : 1. Menerima Surat Masuk Pelaksanaan pengurusan surat masuk pada Perum Pegadaian Cabang Tegal Boto Jember menggunakan azas sentralisasi, yaitu suatu sistem dimana semua kegiatan surat menyurat dipusatkan pada unit khusus pengelola masalah surat-menyurat pada teori sistem membuat surat. Pelaksanaan pengurusan surat masuk tersebut pada prinsipnya sama dengan penerimaan surat pada biro kesekretariatan perusahaan kantor pusat, yaitu: 1) Surat Masuk diterima petugas atau pegawai yang ditunjuk. 2) Petugas atau pegawai meneliti dan memeriksa kebenaran alamat tujuan. 3) Surat yang berisi rahasia tidak dibuka (Martono, 1997:71). 2. Mencatat Surat Masuk kedalam agenda surat masuk. Surat yang diterima dari cabang-cabang perusahaan atau dari instansi-instansi lainnya kedalam buku agenda surat masuk, dan dicatat juga tanda terima surat, nomor agenda, tanggal surat, nomor surat, perihal register pimpinan, kode penyimpanan, dan keterangan yang prinsipnya sama dengan teori prosedur pengurusan dan pengendalian surat masuk. 3. Pencatatan Surat Keluar Pelaksanaan pengurusan surat keluar harus melalui beberapa unit pengelola yang mana pada dasarnya mempunyai prinsip yang sama yaitu : 1) Sebelum surat ditanda tangani direktur/pimpinan pengolah harus diteliti terlebih dahulu kebenaran surat (alamat, surat, lampiran bila ada). 2) Menyampaikan surat kepada urusan biro kesekretariatan perusahaan dalam keadaan tertutup untuk diproses. 3) Setelah surat diproses maka surat segera dikirimkan sesuai dengan alamat yang dituju. 4) Setelah surat dikirim, surat yang tidak asli di file dan dijadikan arsip. Pada dasarnya penataan berkas disusun secara sistematis yang berpedoman pada klasifikasi arsip dan indeks. Adapun langkah penataan arsip tersebut : 1) Menentukan Kode Klasifikasi dan Indeks. 2) Menata sekat. 3) Menata folder kedalam sekat. 4) Memasukkan arsip.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17378
    Collections
    • DP-Financial Management [401]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository