• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PERMAINAN KARTU KWARTET DENGAN PEMBANDING PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KONSEP SISTEM GERAK

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    A (57)x_1.pdf (184.8Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    ELOK HASTUTIK
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan pembelajaran yang mengkaitkan antara materi dan situasi dunia nyata siswa yang dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan, bebas, santai, dan menggairahkan sehingga hasil belajar dapat tercapai. Strategi pembelajaran tersebut dapat diciptakan melalui permainan, salah satunya adalah permainan kartu kwartet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi permainan kartu kwartet dan pembelajaran konvensional dan mengetahui efektivitas relatif pembelajaran tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, interview, tes dan angket. Data yang diperoleh sebagai hasil belajar terdiri dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. data-data tersebut dianalisis menggunakan t dan dihitung efektivitas relatifnya. Dari penelitian ini diperoleh t tabel = 1,99 dan t xii test pada aspek kognitif 3,65; pada aspek afektif 13,05; serta t hitung hitung pada aspek psikomotorik 6,33 menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran melalui permainan kartu kwartet dengan pembelajaran konvensional pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik karena t hitung > t . Nilai rata-rata aspek kognitif pada kelas permainan kartu kwartet sebesar 66,81 ± 6,74 dan rata-rata aspek kognitif pada kelas konvensional sebesar 60,93 ± 8,36. Nilai rata-rata pada aspek afektif untuk kelas permainan kartu kwartet sebesar 87,31 ± 13,28 dan untuk kelas konvensional sebesar 56,24 ± tabel 8,65. Sedangkan nilai rata-rata aspek psikomotorik untuk kelas permainan kartu kwartet sebesar 83,35 ± 15,05 dan untuk kelas konvensional sebesar 60,23 ± 19,10. Nilai efektivitas kelas permainan kartu kwartet yaitu sebesar 9,65 % untuk aspek kognitif, 55,25 % untuk aspek afektif, dan 38,39 % untuk aspek psikomotorik. Untuk penelitian selanjutnya idealnya kelas yang efektif jika tiap kelas tidak lebih dari 20 siswa dan perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang pembelajaran melalui permainan dengan mengkombinasikan metode permainan dengan metode yang lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17374
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15330]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail