PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN PERDANA KOMPUTER DI BONDOWOSO
Abstract
Perkembangan usaha dewasa ini terjadi sangat pesat. Hal ini dapat dilihat
dengan semakin banyaknya perusahaan yang berdiri, sehingga dunia usaha
khususnya perusahaan jasa komputer telah menjadi ajang persaingan. Salah
satunya perusahaan Perdana Komputer di Bondowoso, dari masalah tersebut maka
peneliti bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada
perusahaan Perdana Kompter di Bondowoso.
Analisis faktor - faktor internal perusahaan akan mengetahui adanya
kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada perusahaan. Selain itu perusahaan
juga harus menganalisis faktor – faktor eksternal mengetahui peluang dan
ancaman. Salah satu instrumen yang dapat di gunakan untuk menganalisis faktor –
faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan tujuan untuk
mengahasilkan strategi pemasaran perusahaan adalah analisis SWOT.
Berdasrkan hasil wawancara dengan responden yang ditunjuk maka kedua
faktor strategi internal dan eksternal akan diketahui kekuatan yang dimiliki
perusahaan dalam persaingan pasar bernilai lebih tinggi di bandingkan ancaman
yang akan datang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil analisis SWOT
perusahaan Perdana Komputer di Bondowoso berada pada posisi kuadran I yaitu
kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif, maka strategi
pemasaran yang tepat pada perushaan Perdana Komputer di Bondowoso sebagai
berikut 1) Pemberian pelayanan yang baik oleh karyawan terhadap konsumen agar
konsumen merasa lebih nyaman untuk menggunakan jasa komputer di perusahaan
Perdana Komputer. 2) Pemberian harga relatif murah agar konsumen lebih
memilih perusahaan perdana komputer dalam penggunaan jasa komputer
khususnya dan dalam perdagangan. 3) Meningkatkan kinerja promosi sehingga
konsumen lebih mengenal perusahaan Perdana Komputer.