Show simple item record

dc.contributor.authorARI WIDYANA
dc.date.accessioned2014-01-19T05:42:09Z
dc.date.available2014-01-19T05:42:09Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM080210204070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17357
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan ilmu sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga Negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Melalui penggunaan media tiga dimensi diharapkan akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak membosankan dan siswa dapat lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Harapan akhir dari penelitian ini adalah dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian adalah: bagaimanakah penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV di SDN Paleran 05 kecamatan Umbulsari kabupaten Jember tahun pelajaran 2010/1011? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi melalui penggunaan media tiga dimensi pada siswa kelas IV di SDN Paleran 05 kecamatan Umbulsari kabupaten Jember tahun pelajaran 2010/1011. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 25 Februari sampai 10 Maret 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setelah di lakukan penelitian pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 ketuntasan hasil belajar siswa meningkat pada siklus I mencapai 40% dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di kelas IV, sedangkan disiklus II persentase ketuntasan belajar mencapai 80%, sehingga peneliti menghentikan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi sesudah diterapkannya pembelajaran menggunaan media tiga dimensi. Penggunaan media tiga dimensi dengan pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar karena media yang di gunakan sangat menarik bagi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204070;
dc.subjectMEDIA TIGA DIMENSIen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN PALERAN 05 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record