Show simple item record

dc.contributor.authorRina Stiyowati
dc.date.accessioned2014-01-19T05:07:41Z
dc.date.available2014-01-19T05:07:41Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM080210103008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17318
dc.description.abstractBiologi merupakan bagian dari sains yang menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Menurut Syamsuri (2004: V) dalam pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses siswa dituntut untuk aktif dalam mendapatkan data dan konsep-konsep biologi. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat melibatkan aktivitas siswa, baik aktivitas fisik maupun mental emosional siswa. WBT merupakan salah satu metode pembelajaran yang dikenalkan di Amerika utara sejak 1999. Konsep tersebut mengajarkan adanya metode pembelajaran dengan cara mengenali prinsip belajar anak didik yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu visual, verbal, dan body/kinestetic (Biffle, 2010:1). Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode WBT terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode WBT terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN I Jember dengan pertimbangan SMA tersebut merupakan R SMA BI dengan siswa yang aktif dan kreatif. Adapun waktu penelitian yaitu pada bulan April semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penentuan daerah penelitian menggunakan Purposive Sampling Area. Penentuan responden penelitian menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh responden penelitian yaitu kelas XI IPA 5 sebagi kelas eksperimen serta kelas XI IPA 6 sebagi kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Whole Brain Teaching (WBT) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jember pada materi Sistem Indera (F = 41,3 > F t0,05 = 3,98, t test = 6,19 > t = 1,67). Rerata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sebesar 89,51 (± 4,19) dan kelas kontrol rerata aktivitas belajar siswa sebesar 83,81 (± 3,51). Penggunaan metode WBT juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jember pada materi Sistem Indera ( F 0 = 5,64 > F 0,05 t0,05 = 3,98, t viii test = 4,49 > t = 1,67). Rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85,56 (± 6,63) dan kelas kontrol rerata hasil belajar siswa sebesar 78,54 (± 9,99).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103008;
dc.subjectMETODE WHOLE BRAIN TEACHINGen_US
dc.titlePENGARUH METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EACHING (WBT) VITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 JEMBER SISWA KELAS XI SMAN 1 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record