• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN PONTANG 04 AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012.

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (112)xx_1.pdf (261.3Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Aris Hadi Purnomo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    embelajaran IPS di SDN Pontang 04 Ambulu Jember masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan alat peraga/media jarang sekali digunakan, sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dipahami. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pontang 04 Ambulu Jember, terdapat permasalahan yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS pada pokok bahasan macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia, terutama yang diberikan dalam bentuk soal cerita. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah IPS, khususnya pada pokok bahasan macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia adalah melalui penerapan model pembelajaran problem solving dengan media kotak kartu misteri (kokami). Model pembelajaran problem solving adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata untuk mengajak siswa berpikir kritis, mempunyai keterampilan memecahkan masalah dunia nyata yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan dan berperan serta dengan anggota kelompok lainnya dalam mendiskusikan masalah. Kokami adalah salah satu jenis media yang dikombinasikan dengan permainan bahasa untuk menanamkan pengetahuan kepada siswa dengan menarik dan berbekas juga berfungsi untuk merangsang minat dan perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V melalui penerapan pembelajaran problem solving dengan menggunakan media kokami.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17246
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository