PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN PONTANG 04 AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012.
Abstract
embelajaran IPS di SDN Pontang 04 Ambulu Jember masih menggunakan
metode pembelajaran konvensional dan alat peraga/media jarang sekali digunakan,
sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dipahami. Berdasarkan hasil
observasi di SDN Pontang 04 Ambulu Jember, terdapat permasalahan yang dihadapi
oleh siswa yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS pada
pokok bahasan macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia, terutama
yang diberikan dalam bentuk soal cerita.
Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah IPS,
khususnya pada pokok bahasan macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di
Indonesia adalah melalui penerapan model pembelajaran problem solving dengan
media kotak kartu misteri (kokami). Model pembelajaran problem solving adalah
suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata untuk
mengajak siswa berpikir kritis, mempunyai keterampilan memecahkan masalah dunia
nyata yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan dan berperan serta dengan
anggota kelompok lainnya dalam mendiskusikan masalah. Kokami adalah salah satu
jenis media yang dikombinasikan dengan permainan bahasa untuk menanamkan
pengetahuan kepada siswa dengan menarik dan berbekas juga berfungsi untuk
merangsang minat dan perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan
aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V melalui penerapan pembelajaran
problem solving dengan menggunakan media kokami.