PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR (Pokok Bahasan Sistem Indera pada Manusia Kelas II Semester II di SMP Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2004/2005)
Abstract
Pembelajaran koperatif model group investigasi merupakan salah satu model
pembelajarn yang menuntut siswa terlibat aktif, kreatif, dan ilmiah dalam
pengembangan suatu ide untuk memecahkan suatu masalah secara berkelompok.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran koperatif model
group investigasi terhadap hasil belajar, (2) efektifitas pembelajaran kooperatif
model group investigasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Mei sampai bulan Juni 2005 di SMP Negeri 3 Jember. Jenis peelitian adalah
penelitian eksperimental. Sampel penelitian ditentukan dengan purposive random
sampling yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Sampel
pada penelitian ini adalah kelas IIB (kelas eksperimen), kelas II C (kelas kontrol).
Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dengan uji lanjut LSD 5%.
Hasil dari penelitian diperoleh FHitung dari aspek kognitif sebesar 17,963, FHitung
sebesar 17,204 untuk aspek afektif, Fhitung sebesar 19,403 untuk aspek psikomotor.
Dari ketiga aspek diketahui taraf signifikansinya < 0.01. Sehingga berpengaruh nyata
terhadap hasil belajar. Pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif untuk aspek
kognitif sebesar 15,96%, aspek afektif sebesar 10,05%, dan aspek psikomotor
sebesar 16,94% daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh pembelajaran kooperatif model group investigation terhadap hasil belajar.
Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation dapat meningkatkan
hasil belajar.