Show simple item record

dc.contributor.authorArisandi Citra Agustin
dc.date.accessioned2014-01-19T03:18:02Z
dc.date.available2014-01-19T03:18:02Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM060210192169
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17235
dc.description.abstractMata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktif. Pada umumnya, metode yang sering digunakan dalam pembelajaran fisika adalah metode ceramah, dengan kegiatan belajar mengajar fisika yang berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan fisika menjadi pelajaran yang kurang menarik bagi siswa. SMA Negeri 1 Kencong adalah salah satu sekolah yang ada dikabupaten Jember. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika bahwa pada saat pembelajaran siswa terlihat pasif, hanya beberapa siswa yang mendengarkan penjelasan guru sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation disertai three-stage fishbowl decision terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong. Group investigation merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji dan menggunakan persentase aktivitas klasikal. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation disertai three-stage fishbowl decision terhadap hasil belajar siswa diperoleh pada pertemuan 1 nilai t = 2,393 dan nilai = 1,992 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Untuk pertemuan ke-2 nilai t viii hitung hitung = 6,08 dan nilai = 1,992 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil post-test, kognitif proses dan psikomotor. pada RPP 1 siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa dan 14 siswa tidak tuntas. Sedangkan pada RPP 2 siswa yang tuntas 42 siswa Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)Ada pengaruh model Group Investigation disertai Three-Stage Fishbowl Decision terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2011-2012. (2)Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation disertai Three-Stage Fishbowl Decision termasuk dalam kategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210192169;
dc.subjectKOOPERATIF “GROUP INVESTIGATION (GI)THREE-STAGE FISHBOWL DECISIONen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “GROUP INVESTIGATION ( DECISION” TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record