PERUBAHAN BAHASA TULIS KEDALAM BAHASA TUTUR DALAM PEMBUATAN IKLAN RADIO
Abstract
Dewasa ini persaingan antar perusahaan barang maupun jasa sangatlah ketat.
Oleh karena itu, setiap perusahaan harus mampu mendekati konsumen dengan
berbagai macam cara, salah satunya adalah melalui periklanan. Iklan merupakan
sarana yang efektif untuk mempromosikan berbagai macam produk yang dibutuhkan
masyarakat. Iklan juga menjadi salah satu cara mudah bagi para produsen untuk
menarik perhatian para konsumen. Media-media komunikasi merupakan media yang
tepat untuk mempromosikan berbagai macam produk iklan tersebut. Seperti yang kita
ketahui, media komunikasi adalah media yang sangat dekat dengan masyarakat. Salah
satunya adalah radio, yang dimiliki oleh hampir semua lapisan masyarakat. Untuk itu
penulis memilih RADIO PROSALINA sebagai tempat Praktek Kerja Nyata, dan
memfokuskan laporan pada iklan. Penulis ingin mengetahui lebih banyak tentang
bagaimana penggunaan dan pemilihan istilah bahasa, baik bahasa Indonesia maupun
bahasa asing, yang tepat sebagai bahasa iklan di radio. Berdasarkan uraian tersebut
maka penulis merealisasikannya dalam bentuk laporan yang berjudul
“PERUBAHAN BAHASA TULIS KEDALAM BAHASA TUTUR DALAM
PEMBUATAN IKLAN RADIO