PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN MRAWAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam
menunjang keberhasilan pendidikan. Model pembelajaran merupakan salah satu
faktor yang dapat menarik minat anak untuk belajar. Dengan menggunakan model
pembelajaran yang tepat, diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Mrawan 02, pada
pembelajaran IPS guru sudah mengggunakan metode diskusi pada beberapa
pokok bahasan. Namun hasil belajar siswa masih belum optimal. Berdasar hasil
observasi di kelas IV diketahui bahwa metode diskusi yang digunakan hanya
berupa diskusi tanpa adanya bimbingan dari guru. Kurangnya peran guru dalam
membimbing jalannya diskusi menyebabkan tidak adanya pembagian tugas dalam
kelompok. Selain itu guru juga kurang berperan dalam membimbing kelompok
untuk mendapatkan informasi untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang
ada dalam materi pembelajaran. Problem Based Instruction merupakan salah satu
model pembelajaran yang dalam langkah-langkahnya menuntut guru untuk
bertindak sebagai fasilitator dan konselor yang memberikan kritik yang
membangun. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan dapat ditarik
rumusan permasalahan bagaimanakah penerapan PBI yang dapat meningkatkan
hasil belajar siswa, serta bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah
menerapkan model pembelajaran PBI pada pokok bahasan kenampakan alam.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran PBI
serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran
PBI. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan subyek penelitian
sebanyak 32 siswa di SDN Mrawan 02 Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas guru, dan tes akhir
siklus. Aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 87%, sedangkan pada siklus 2 sebesar
81%. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 54% dan pada
siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84%.
Setelah peneliti menerapkan model problem based instruction hasil belajar
siswa khususnya pada pokok bahasan kenampakan alam mengalami peningkatan.
Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus, secara garis besar
peningkatan keberhasilan dari kondisi awal ke siklus I yaitu dari 47% menjadi
54%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 juga cukup baik yaitu dari 54%
menjadi 84%. Penggunaan model problem based instruction terbukti dapat
meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan kenampakan alam pada siswa
kelas IV SDN Mrawan 02 kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikemukakan saran bagi
peneliti lain yang menerapkan model PBI hendaknya dapat melaksanakan tahaptahap
dalam model tersebut secara maksimal serta mengupayakan untuk
menciptakan lingkungan dimana siswa dapat terlibat secara aktif dalam diskusi.