ANALISIS PENGARUH GENDER DAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP FINANCIAL LITER ACY MAHASISWA
Abstract
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mengetahui
besarnya
pengaruh
perbedaan
gender
dan
kemampuan
kognitif
terhadap
financial
literacy
mahasiswa
Jurusan
Akuntansi
Universitas
Jember.
Populasi
penelitian
ini
adalah
seluruh
mahasiswa
Jurusan
Akuntansi
Universitas
Jember.
Dari
mahasiswa
aktif
Jurusan
Akuntansi
tahun
ajaran
2006-2012
adalah
sebanyak
1109
mahasiswa
diambil
sampel
sebanyak
92
mahasiswa.
Berdasarkan
hasil
uji
F
diketahui
bahwa
gender
dan
kemampuan
kognitif
secara
bersama-sama
berpengaruh
nyata
terhadap
literasi
keuangan
mahasiswa
Jurusan
Akuntansi
Universitas
Jember.
Hasil
uji
t
menunjukkan
bahwa
gender
tidak
berpengaruh
signifikan
terhadap
literasi
keuangan
mahasiswa
Jurusan
Akuntansi
Universitas Jember, sedangkan kemampuan kognitif berpengaruh signifikan terhadap
literasi keuangan mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Jember,
Dari
hasil
analisis
diperoleh nil
ai
R
2
viii
sebesar
0,475. Hal
ini
berarti
gender
dan
kemampuan
kognitif
memiliki
kontribusi
atau
sumbangan
terhadap
naik
turunnya
literasi
keuangan
mahasiswa
Jurusan
Akuntansi
Universitas
Jember
sebesar
47,50%
sedangkan
sisanya
yaitu
52,50%
dipengaruhi
oleh
faktor
lain
di
luar
model
penelitian ini.