EFEKTIVITAS PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA LAGU BAGI SISWA PROGRAM EARLY LEARNERS DI EF ENGLISH FIRST NUSANTARA JEMBER
Abstract
Di era globalisasi, bangsa Indonesia mempersiapkan generasi yang mampu
berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang merupakan bahasa
internasional. Maka penguasaan bahasa Inggris menuntut adanya kualitas pendidikan
bahasa Inggris yang bagus, begitu juga dengan peningkatan pelayanan. Pengetahuan
tentang bahasa Inggris ini telah kita peroleh sejak kita duduk dibangku sekolah dasar
dan untuk lebih luasnya kita bisa mendapatkannya dengan mengikuti kursus-kursus
bahasa asing yang telah menjamur di Indonesia.
Para pemula khususnya anak-anak akan cepat bosan ketika menerima
pengajaran dengan metode pengajaran yang berupa teori dan hanya melihat buku,
maka diperlukan metode khusus. Salah satunya dengan menyediakan media
pengajaran yang membuat anak-anak lebih mengerti dan menyukai bahasa asing.
Media pengajaran haruslah media yang paling baik. Pengertian baik dan buruknya
suatu media tidak dapat diukur dari mewahnya peralatan yang digunakan, akan tetapi
diukur dari seberapa jauh media tersebut dapat menunjang tercapainya tujuan
pengajaran. Penulis memilih media pengajaran lagu sebagai media yang
memudahkan siswa dalam menerima materi. Melalui metode ini siswa tidak akan
merasa bosan selama pelajaran berlangsung. Mereka akan merasa tidak sedang
belajar melainkan sedang bersenang-senang dengan mendengarkan lagu. Oleh karena
itu, untuk penyusunan laporan ini, penulis mengambil judul “ EFEKTIVITAS
PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA LAGU BAGI SISWA
PROGRAM EARLY LEARNERS DI EF ENGLISH FIRST NUSANTARA
JEMBER ”. Laporan ini disusun berdasarkan sumber yang diperoleh dari Lembaga
Pendidikan Bahasa Inggris yaitu EF English First Nusantara Jember.