MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIIA MTS ZAINUL BAHAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
Abstract
Sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat aktif,
keterampilan berbicara bukanlah hal yang mudah untuk dikuasai siswa.
Penguasaanya membutuhkan latihan yang intensif, bukan hanya menyangkut
aspek kebahasaanya melainkan juga aspek nonkebahasaanya. Observasi awal
menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas VIIIA MTs Zainul Bahar
pada saat menyampaikan pendapatnya di depan kelas masih belum mencapai
ketuntasan belajar. Hal tersebut karena faktor kebahasaan dan nonkebahasaan
yang kurang dikuasai siswa. Faktor kebahasaan yang kurang dikuasai siswa
meliputi : pelafalan, intonasi, tekanan nada, dan durasi yang kurang tepat; kalimat
yang digunakan siswa kurang efektif. Faktor nonkebahasaan yang kurang dikuasai
siswa meliputi : kurangnya keberanian, kelancaran, kenyaringan, dan penguasaan
topik. Proses belajar mengajar membutuhkan strategi pembelajaran baru, agar
siswa lebih aktif di kelas. Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Strategi pembelajaran ini dipilih karena dalam penerapannya siswa dituntut untuk
berpikir sendiri (Think), mendiskusikan dengan pasangannya (Pair), dan berbagi
dengan teman sekelas (Share). Metode tersebut akan mendukung keterampilan
berbicara.