PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat
profitabilitas perusahaan terhadap nilai perusahaan dan yang kedua adalah pengaruh
tingkat profitabilitas perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat
pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderating.
Pengumpulan data menggunakan purposive sampling pada perusahaan pertambangan
yang terdaftar pada bursa efek Indonesia tahun 2009 dan 2010. Total sampel yang
digunakan sebanyak 34 perusahaan pertambangan. Metode analisis yang digunakan
adalah regresi linear sederhana dan uji residual.Hasil akhir dari penelitian ini
menunjukkan bahwa tingkat profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai
perusahaan. Tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dapat
memoderasi pengaruh hubungan tingkat profitabilitas tehadap nilai perusahaan