Show simple item record

dc.contributor.authorSasrurin Indayati
dc.date.accessioned2014-01-18T14:18:48Z
dc.date.available2014-01-18T14:18:48Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17074
dc.description.abstractDalam kehidupan kita, peran guru sangat besar dalam menyampaikan ilmu yang diperoleh kepada anak didiknya. Oleh karena itu, maka pemahaman guru tentang masalah genetika harus tepat, sehingga tidak menimbulkan kesalahan konsep pada anak didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru biologi kelas XII SMA Negeri Se-Kabupaten Jember, tentang konsep materi genetic dan ekspresi gen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Se-Kabupaten Jember, sebanyak 17 sekolah, selama 1 bulan, yaitu pada bulan Maret 2006. Responden dalam penelitian ini diambil secara keseluruhan dari 17 guru biologi yang mengajar di kelas XII SMA Negeri se-Kabupaten Jember. Penentuan responden penelitian didasarkan pada kesanggupan guru biologi dan pihak sekolah SMA Negeri tersebut untuk bekerjasama dalam pelaksanaan penelitian ini. Penelitian dimulai dengan menentukan populasi untuk mengambil data penelitian, setelah itu menentukan responden. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen yang berupa angket sebagai sumber data primer dan didukung oleh data sekunder dari hasil interviu dan data dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan mengkonversi dalam bentuk prosentase. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dalam prosentase. Dalam penelitian ini diperoleh hasil persepsi guru biologi kelas XII SMA Negeri se-Kabupaten Jember tentang konsep materi genetik dan ekspresi gen dalam pembelajaran di sekolah, yaitu 29 % atau 5 guru memiliki kemampuan yang baik, 53 % atau 9 guru memiliki kemampuan yang cukup dan 18 % atau 3 guru memiliki kemampuan yang masih kurang dalam mempersepsikan konsep tersebut dengan benar dan tepat. Mengenai konsep materi genetik, sebagian besar guru sudah dapat mempersepsikan dengan benar dan tepat, kecuali konsep tentang RNA hanya 41 % atau 7 guru saja yang kemampuan dalam mempersepsikannya termasuk dalam kategori baik. Sedangkan tentang ekspresi gen, sebagian besar guru telah dapat mempersepsikan proses sintesis protein dan kode genetik dengan benar dan tepat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectGuru Biologien_US
dc.titlePersepsi Guru Biologi Kelas XII SMA Negeri se-Kabupaten Jember Tentang Konsep Materi Genetik dan Ekspresi Gen dalam Pembelajaran di Sekolahen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record