Show simple item record

dc.contributor.authorSiti A’yuni Sa’adah
dc.date.accessioned2014-01-18T11:01:26Z
dc.date.available2014-01-18T11:01:26Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM080210101031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17044
dc.description.abstractSebagai jenjang pendidikan menengah menjadikan SMA berposisi strategis. Oleh karena itu, peningkatan mutu di SMA menjadi prioritas dalam pembangunan pendidikan nasional. Salah satu cara untuk mengukur peningkatan mutu pendidikan yaitu dengan diadakannya evaluasi pendidikan. Ujian nasional merupakan bentuk evaluasi yang dilakukan pemerintah dengan tujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu salah satunya matematika. Matematika merupakan mata pelajaran yang mendasari ilmu eksak lainnya. Walaupun demikian, dalam kenyataannya masih ada siswa yang nilai matematikanya dibawah SKM ujian nasional. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengkajian daya serap ujian nasional untuk menjawab kesulitan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matemat ika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan daya serap Ujian Nasional matematika siswa SMAN di Kabupaten Lumajang, Jember dan Banyuwangi tahun pelajaran 2008-2010, pokok bahasan-pokok bahasan yang memiliki daya serap rendah di SMA Negeri Kabupaten Lumajang, Jember dan Banyuwangi tahun pelajaran 2008-2010 serta SMA Negeri mana saja yang perlu ditingkatkan dalam menghadapi ujian nasional matematika dilihat dari daya serapnya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan daya serap ujian nasional matematika siswa SMAN program IPA dan IPS di kabupaten Lumajang, Jember dan Banyuwangi tahun pelajaran 2008-2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan data berupa data sekunder yang bersumber dari Pusat Penilaian Pendidikan yang mencakup daftar materi/kisi-kisi ujian nasional matematika SMAN program IPA dan IPS beserta persentase daya serap masing-masing materi matematika pada Ujian Nasional dalam tingkat sekolah, rayon, propinsi dan nasional.Daya serap yang dimaksud disini merupakan persentase jumlah siswa yang menjawab benar pada setiap nomor soal ujian nasional. Dalam penelitian ini setiap indikator akan diklasifikasikan berdasarkan pokok bahasannya kemudian dianalisis berdasarkan pokok bahasannya. Berdasarkan analisis data didapatkan beberapa pokok bahasan yang berdaya serap rendah serta sekolah-sekolah yang perlu membenahi kompetensi siswanya dalam menghadapi ujian nasional. Adapun pokok bahasan yang berdaya serap rendah diantaranya statistika, peluang, turunan, integral dan persamaan lingkaran, sedangkan sekolah-sekolah yang perlu membenahi kompetensi siswa dalam menghadapi UN meliputi SMAN Kunir, SMAN Pronojiwo, SMAN Jatiroto dan SMAN Klakah untuk kabupaten Lumajang, SMAN Plus Sukowono, SMAN Pakusari dan SMAN 5 Jember untuk Kabupaten Jember serta SMAN Wongsorejo, SMAN Purwoharjo, SMAN Glenmore dan SMAN Tegaldlimo untuk Kabupaten Banyuwangi. Oleh karena itu, sekolah-sekolah tersebut disarankan untuk lebih memperhatikan pokok bahasan yang berdaya serap rendah tersebut diantaranya mendatangkan tutor ahli statistika dan peluang bagi guru sebagai cara untuk lebih mematangkan konsep statistik dan peluang dan sebagainya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101031;
dc.subjectAnalisis Daya Serap Ujian Nasional Matematikaen_US
dc.titleANALISIS DAYA SERAP UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SISWA SMAN DI KABUPATEN LUMAJANG, JEMBER DAN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2008-2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record